Pada tahun 2019 riset dari Hootsuite dan We Are Social sekitar 150.000.000 orang Indonesia menggunakan sosial media dengan rata-rata penggunaan tiga jam 26 menit tiap harinya.
Bagi Anda pemilik bisnis, angka ini tak bisa diabaikan begitu saja. Pengelolaan sosial media menjadi hal yang wajib dilakukan demi jangkauan pasar lebih luas. Jika sebagai pemilik bisnis Anda masih berfikir bahwa sosial media hanya mengganggu aktivitas, Anda perlu merubahnya sekarang juga.
Banyak hal yang bisa dilakukan sosial media untuk melejitkan bisnis Anda. Berikut empat tips yang bisa Anda terapkan untuk pemanfaatan sosial media untuk bisnis:
1. Tetapkan tujuan dari Penggunaan Sosial Media
Tentukan tujuan secara detail, spesifik agar arah pengelolaan dan hasil yang diberikan selama menggunakan sosial media menjadi jelas dan terukur. Apakah digunakan untuk berjualan, riset pasar, branding, atau gabungan dari ketiganya.
2. Lakukan Teknik ATM pada kompetitor Anda
Teknik Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM) ke kompetitor jadi cara paling mudah namun efektif, sebab Anda bisa lebih menghemat waktu dalam riset.
3. Buat Konten yang menarik
Berbicara tentang sosial media akan selalu berhubungan dengan konten, konten dan konten. Pastikan Anda membuat konten yang menarik dan sesuai dengan persona target pasar Anda.
4. Manfaatkan Paid Ads
Setiap akun sosial media memberikan fitur paid ads atau iklan berbayar untuk mengembangkan jangkauan Anda. Manfaatkan fitur ini maka hasil Anda dapat optimal menjangkau pasar lebih cepat dan luas.
Dari keempat tips di atas, mana yang sudah Anda terapkan? Jika belum semua, ayo segera mulai sekarang juga!
Comments
Post a Comment